PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

Judul Buku :

PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM.

Penyusun :

  1. Dr. Rahendra Maya, S.Th.I., M.Pd.I.
  2. Dr. Muhammad Sarbini, S.Ag., M.H.I. 

Desain Sampul & Tata Letak:

Nasrudin Ariatna, S.E.

Editor :

Aisyah RM, S.K.M.

Cetak : PERTAMA, Januari 2025

ISBN : 

Penerbit :

Al-Hidayah Press.

Jl. Raya Dramaga KM.7 No.29, RT.03/RW.02, Margajaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat 16116

SINOPSIS

Buku “Pemikiran Pendidikan Islam” ini mengkaji dan menganalisis 7 (tujuh) tema pembahasan penting yang terkait dengan pendidikan Islam serta didasarkan kepada perspektif pemikiran tokoh pendidikan dan sesuai paradigma keilmuan tertentu. Tema atau pembahasan pendidikan tersebut antara lain berkaitan dengan pendidikan motivasi, spirit literasi, konsep Belajar Sepanjang Hayat (BSH), konsep guru keluarga, dan konsep moderasi beragama (wasathiyyah). Pemikiran pendidikan yang dimaksud antara lain berdasarkan perspektif Sayyid ibn Husain Al-‘Affânî, Muhammad ibn Ismâ’îl Al-Muqaddam, ‘Abd Al-Karîm Bakkâr, Adian Husaini, dan ‘Alî Muhammad Al-Shallabî. Sedangkan paradigma keilmuan yang dibahas berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam (PAI), Tafsir Tarbawi dan Filsafat Manajemen Pendidikan Islam, baik sebagai keilmuan secara general maupun sebagai mata kuliah secara spesifik. Ketujuh tema atau pembahasan dalam buku “Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan Islam” ini selain sangat urgen untuk dikaji, secara inspiratif juga sangat layak untuk dibaca dan dikaji, terutama oleh setiap orang yang ingin mengkaji pemikiran pendidikan Islam secara lebih lanjut dan mendalam. Selamat membaca dan berselancar di samudera literasi!